img
Pemkab Sarolangun Launching Inovasi Stunting Bersama Gubernur Jambi
  • BOB
  • July 23, 2024
  • Pengunjung (105)

SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten Sarolangun melaksanakan launching inovasi Stunting di SDN 03/VII Sarolangun, Kelurahan Pasar, Kecamatan Sarolangun, bersamaan dengan kunjungan kerja Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH., Selasa (23/07/2024). Acara ini ditandai dengan pelepasan balon ke udara dan pemberian makanan tambahan kepada anak-anak yang mengalami stunting.

Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App.Sc, hadir langsung mendampingi Gubernur Jambi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, Wakil Ketua I DPRD Sarolangun, Aang Purnama, SE, MM, Plh Sekda Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si, serta Dandim 0420/Sarko, Letkol Inf Suyono, bersama sejumlah kepala OPD dari Pemerintah Provinsi Jambi.

Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, Bambang Hermanto (atau wakilnya), Plt Kepala DPPKB Sarolangun, Linda Novita Herawati, SH, MH, berbagai kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, pimpinan Bank Jambi Cabang Sarolangun, M. Ridwan, SE, Camat Sarolangun, Bustra Desman, SE, MM, Kepala Puskesmas Sarolangun, dr. Adam Syahira, serta guru dan siswa sekolah.

Dalam sambutannya, Bachril Bakri menjelaskan bahwa inovasi stunting ini bertujuan untuk menekan angka stunting di Kabupaten Sarolangun. Launching ini melibatkan pemberian makanan tambahan bergizi tinggi, yang terbuat dari bahan seperti ikan lambak, ikan seluang, dan daun mali-mali. Dia mengungkapkan bahwa ada sebelas desa yang ditetapkan sebagai desa stunting di Kabupaten Sarolangun, yang tersebar di berbagai kecamatan, dan akan menjadi fokus dalam upaya penurunan angka stunting.

Selain itu, Bachril Bakri mengungkapkan adanya inovasi lain berupa pemilihan remaja peduli stunting yang bertujuan untuk menjadi duta dalam membantu pemerintah mengendalikan stunting. 

Gubernur Jambi Alharis memberikan apresiasi atas upaya Kabupaten Sarolangun dalam penurunan angka stunting, menyebutkan bahwa Kabupaten Sarolangun adalah yang terbaik dalam hal ini dan Provinsi Jambi berada di urutan kedua. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya tersebut.

Acara tersebut diakhiri dengan pemberian makanan tambahan secara simbolis oleh Gubernur Jambi dan Penjabat Bupati Sarolangun, penyaluran bantuan dana CSR Bank Jambi untuk penanganan stunting, serta foto bersama. (IKP-KOMINFO)