img
Pemkab Sarolangun Kembali Gelar Gerakan Pasar Murah di Kedai Pangan Sarolangun
  • BOB
  • June 11, 2024
  • Pengunjung (193)

SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten Sarolangun kembali mengadakan kegiatan operasi pasar dalam rangka Gerakan Pangan Murah pada Selasa, 11 Juni 2024, di Kedai Pangan Sarolangun, Pasar Atas Sarolangun. Acara ini dibuka oleh Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc. Turut hadir dalam kegiatan ini Plh Sekda Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Masri, SH, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sarolangun Dulmuin, SP, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sarolangun Drs. H. Deshendri, SH, serta Tim TPID Sarolangun.

Kegiatan Gerakan Pangan Murah disambut dengan antusias oleh masyarakat Sarolangun yang hadir untuk membeli berbagai kebutuhan pangan murah yang disediakan oleh Pemkab Sarolangun. Produk yang dijual dalam operasi pasar ini antara lain beras, cabai, minyak goreng, gula, telur, bawang merah, dan bawang putih. 

Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, menjelaskan bahwa Gerakan Pangan Murah ini diadakan dalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah/2024 Masehi. Tujuannya adalah untuk mencegah kenaikan harga pangan di wilayah Kabupaten Sarolangun. “Kita kembali melakukan gerakan pangan murah dalam rangka menghadapi Idul Adha. Kita siapkan sebanyak 2 ton beras, 100 kg cabai, minyak goreng, telur, bawang putih, dan kebutuhan pokok lainnya,” kata Bachril Bakri.

Bachril Bakri juga menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengendalikan inflasi di daerah. Menurutnya, minggu lalu laju inflasi di Kabupaten Sarolangun menunjukkan angka yang positif dengan penurunan sebesar minus 1,87%. "Kita berharap walaupun dalam suasana Idul Adha, tidak ada kenaikan harga di Kabupaten Sarolangun. Kami akan terus melaksanakan Gerakan Pangan Murah hingga Jumat mendatang. Selain itu, akan ada operasi pasar murah, operasi pasar daging, dan kegiatan lain dalam rangka pengendalian harga," ujarnya.

Gerakan Pangan Murah ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan menyediakan bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau, sekaligus menjaga stabilitas harga di pasar. Selain itu, kegiatan ini juga menunjukkan komitmen Pemkab Sarolangun dalam mendukung kesejahteraan masyarakat serta memastikan ketersediaan pangan yang cukup selama periode hari besar keagamaan. 

Dengan penyelenggaraan Gerakan Pangan Murah ini, Pemkab Sarolangun berusaha merespons kebutuhan masyarakat akan pangan murah dan mengurangi beban ekonomi masyarakat, khususnya menjelang hari raya besar seperti Idul Adha. Upaya ini juga diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk tetap optimis dan mendukung program pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan bersama. (IKP-KOMINFO)