img
Pemkab Sarolangun Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah Sambut Ramadhan 1445 H
  • BOB
  • March 05, 2024
  • Pengunjung (276)

SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten Sarolangun kembali melaksanakan operasi pasar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Lapangan Gunung Kembang, Sarolangun, pada Selasa (05/03/2024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, dan dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sarolangun, H. Muhammad, S.Ag, Pabung Kodim 420/Sarko, Mayor CHK Dedy Afrizal, Kasat Pol PP Sarolangun, Drs. Muhammad Idrus, Sekretaris Dinas DKP Sarolangun, Masri, SH, serta jajaran TPID Sarolangun.

Komoditas yang dijual dalam operasi pasar tersebut meliputi cabai merah seharga Rp 53.000 per kilogram, cabai rawit Rp 45.000 per kilogram, telur ayam Rp 45.000 per kilogram, bawang merah Rp 25.000 per kilogram, minyak kemasan Rp 13.000 per kilogram, gula kemasan Rp 15.000 per kilogram, dan beras SPHP ukuran 5 kg seharga Rp 55.000 per karung.

Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, menjelaskan bahwa operasi pasar Gerakan Pangan Murah ini bertujuan khususnya untuk menyambut bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 Masehi.

"Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga pangan agar tidak mengalami kenaikan signifikan selama bulan suci Ramadan dan Idul Fitri," kata Bachril Bakri.

Dia juga menyebutkan bahwa ke depannya pihaknya akan melakukan rapat bersama forkopimda untuk membahas pengamanan pasokan dan harga pangan menjelang Ramadan dan Idul Fitri, sebagai langkah awal dalam menjaga stabilitas harga pangan sebelum bulan Ramadan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di setiap kecamatan secara bertahap hingga menjelang Idul Fitri. Selain itu, penting juga untuk menjaga pengamanan dan pengangkutan bahan pokok pangan dengan bantuan dari Polres dan Kodim 0420/Sarko.

"Kami meminta kepada Bulog untuk menyediakan beras dan menjaga pasokan bahan pangan agar tersedia di Kabupaten Sarolangun, terutama selama bulan Ramadan dan Idul Fitri," tambahnya. (IKP-KOMINFO)