img
Pemkab Sarolangun Bangun Posko Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi, Ditinjau Langsung Bachril Bakri
  • BOB
  • January 15, 2024
  • Pengunjung (266)

SAROLANGUN - Dalam upaya penanggulangan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, angin puting beliung, dan longsor, Pemerintah Kabupaten Sarolangun telah mendirikan posko penanggulangan bencana. Posko ini berlokasi di Halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sarolangun, Jalan Lintas Sumatera KM 03 Sarolangun, Desa Bernai, Kecamatan Sarolangun.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, bersama jajaran Forkopimda Sarolangun, melaksanakan peninjauan langsung ke posko penanggulangan bencana hidrometeorologi pada Senin (15/01/2024). Dalam kegiatan ini, turut hadir Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, SIK, M.Si, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Suyono, S.Sos atau diwakili F Situmorang, Pj Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kasat Intelkam Polres Sarolangun AKP Sukman, SH, Kadis PUPR Sarolangun Arif Hamdani, ST, Kalaksa BPBD Sarolangun Solahuddin Nopri, Kepala Dinas Sosial Sarolangun Helmi, SH, MH, beserta Anggota tim satgas bencana hidrometeorologi.

Bachril Bakri menjelaskan bahwa posko ini menjadi tempat penyaluran bantuan, pemberian bantuan, pendataan, dan informasi yang diperlukan dalam penanganan bencana di Kabupaten Sarolangun. Posko ini diharapkan dapat membantu koordinasi antarinstansi dalam menanggapi keadaan darurat.

"Posko ini akan digunakan sebagai tempat penyaluran bantuan, pemberian bantuan, dan pendataan yang diperlukan terkait masalah banjir dan longsor di Kabupaten Sarolangun," ujar Bachril Bakri.

Pj Bupati juga menekankan perlunya koordinasi yang baik antara BPBD Sarolangun dengan seluruh stakeholder terkait, termasuk aparat keamanan dari Polres Sarolangun dan TNI Kodim 0420/Sarko.

"Saya minta kepala BPBD bisa mengkoordinasikan kegiatan posko ini dan kita akan dibantu oleh Polres dan Kodim 0420/Sarko," tambahnya.

Sebagai informasi, beberapa hari terakhir Kabupaten Sarolangun mengalami bencana banjir bandang dan longsor di beberapa kecamatan, seperti Batang Asai, CNG, Limun, Bathin VIII, Sarolangun, Pauh, dan Mandiangin. Posko ini menjadi pusat koordinasi untuk mengatasi dampak bencana tersebut dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. (IKP-KOMINFO)