img
Musrenbang Kecamatan CNG Digelar, Mayoritas Usulan Infrastruktur
  • BOB
  • February 06, 2024
  • Pengunjung (136)

SAROLANGUN - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Cermin Nan Gedang (CNG) telah digelar pada Selasa (06/02/2024) di Aula Kantor Camat CNG. Kegiatan ini dibuka oleh Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Sarolangun, H. Juddin, S.Ag. Turut hadir dalam kegiatan ini beberapa pejabat dan tokoh masyarakat, antara lain Anggota DPRD Sarolangun Azakil Azmi, Plt Kepala Bappeda Sarolangun Hj Maria Susanti, SE, serta para Kepala OPD, Camat CNG Syahroni, SH, dan jajaran tripika Kecamatan CNG, termasuk juga para kepala desa se-kecamatan CNG dan delegasi desa.

Camat CNG Syahroni menyampaikan bahwa sebelum dilaksanakannya Musrenbang kecamatan ini, telah dilakukan Musrenbang ditingkat desa yang melibatkan 10 desa pada tanggal 9 hingga 11 Januari 2024. Musrenbang desa tersebut menghasilkan 66 usulan, terdiri dari 50 usulan untuk peningkatan infrastruktur daerah dan 16 usulan untuk peningkatan ekonomi daerah.

Dalam sambutannya, Plt Kepala Bappeda Sarolangun Maria Susanti menekankan pentingnya Musrenbang sebagai bagian dari mekanisme perencanaan pembangunan daerah. Ia juga menyebutkan bahwa isu dan permasalahan dalam prioritas perencanaan pembangunan daerah dalam RKPD 2025 mencakup peningkatan infrastruktur daerah, peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat, peningkatan tata kelola pemerintahan, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Staf Ahli Bupati, H. Juddin, menambahkan bahwa pembangunan daerah harus bertujuan untuk meningkatkan dan pemerataan pendapatan masyarakat, meningkatkan daya saing daerah, pemerataan kesempatan kerja, dan peningkatan jumlah lapangan usaha, serta peningkatan akses kualitas pelayanan publik.

Arah kebijakan pembangunan Sarolangun tahun 2025 mencakup percepatan penurunan stunting, pengendalian inflasi, penurunan pengangguran terbuka, pengurangan kemiskinan ekstrem, pengembangan produk pertanian, perikanan, dan perkebunan, peningkatan investasi daerah dan PAD, pengembangan UMKM, percepatan pembangunan wilayah kecamatan, penanggulangan bencana alam, dan pembinaan suku anak dalam (SAD).

Dalam kegiatan tersebut, kesepakatan bersama hasil Musrenbang Kecamatan CNG ditandatangani oleh Camat CNG Syahroni, kepala desa, dan tokoh masyarakat, disaksikan oleh Staf Ahli Bupati Sarolangun Juddin beserta jajarannya, serta diakhiri dengan dialog bersama yang berlangsung lancar. (IKP-KOMINFO)