img
Musrenbang Kecamatan Air Hitam Digelar, 180 Kegiatan Diusulkan Dalam Pembangunan 2025
  • BOB
  • February 05, 2024
  • Pengunjung (309)

SAROLANGUN - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Air Hitam tahun 2024 digelar dengan sukses pada Senin (05/02/2024) di Aula Kantor Camat Air Hitam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc yang diwakili oleh Pj Sekda Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si, anggota DPRD Provinsi Jambi, Evi Suherman, Waka I DPRD Sarolangun, Aang Purnama, SE, MM, anggota DPRD Sarolangun, Cik Marleni, Siti Aisyah, Amir Mahmud, Plt Kepala Bappeda Sarolangun, Hj Maria Susanti, SE, dan para Kepala OPD.

Turut hadir juga Camat Air Hitam, Herjoni Edison, beserta jajaran tripika Kecamatan Air Hitam, para kepala Desa, TP PKK Desa, tokoh masyarakat, dan delegasi desa.

Dalam laporannya, Camat Air Hitam, Herjoni Edison, mengungkapkan bahwa pembangunan merupakan proses perubahan untuk mencapai kondisi ideal yang diinginkan. Perubahan tersebut dapat terjadi melalui pengadaan prasarana, penciptaan struktur, atau pembentukan mentalitas tertentu.

Herjoni menjelaskan bahwa Musrenbang ini adalah bagian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025. Musrenbang tersebut merupakan kesempatan untuk membahas dan menetapkan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Air Hitam.

Selain itu, Plt Kepala Bappeda Sarolangun, Maria Susanti, menyatakan bahwa Musrenbang merupakan mekanisme penting dalam perencanaan pembangunan daerah. Musrenbang melibatkan masyarakat dan pemerintah dalam menyusun usulan kegiatan prioritas pembangunan desa yang akan diusulkan untuk didanai melalui anggaran APBD Kabupaten, Provinsi, dan Pemerintah Pusat.

Dalam Musrenbang ini, diungkapkan bahwa terdapat 180 usulan kegiatan di Kecamatan Air Hitam. Namun, tidak semua usulan dapat diakomodir dalam RKPD 2025 karena keterbatasan keuangan daerah Kabupaten Sarolangun.

Pj Sekda Sarolangun, Dedy Hendri, menegaskan bahwa Musrenbang tidak hanya membahas rencana kegiatan yang akan didanai oleh kabupaten, tetapi juga usulan kegiatan yang dapat didanai oleh provinsi dan pemerintah pusat. Hal ini mencakup aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sumber daya manusia.

Arah kebijakan pembangunan Sarolangun tahun 2025 mencakup peningkatan perekonomian, investasi daerah, pengembangan UMKM, penanggulangan kerusakan lingkungan, dan pembinaan Suku Anak Dalam (SAD).

Musrenbang tersebut juga ditutup dengan penandatanganan berita acara kesepakatan bersama dalam hasil Musrenbang kecamatan Air Hitam untuk penyusunan RKPD tahun 2025. (IKP-KOMINFO)