img
MPP Sarolangun Dari 16 Kabupaten/Kota Se-Indonesia Diresmikan Menpan RB
  • BOB
  • March 07, 2024
  • Pengunjung (70)

SAROLANGUN - Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sarolangun telah diresmikan secara resmi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB), Abdullah Azwar Anas, pada Kamis (07/03/2024) di Hotel Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan. Peresmian MPP Sarolangun berlangsung dalam acara peresmian bersama MPP dan penguatan komitmen penerapan MPP Digital, yang juga dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro, serta para Bupati/Walikota dari 16 MPP Kabupaten/Kota yang diresmikan.

Kabupaten Sarolangun adalah salah satu dari 16 Kabupaten/Kota yang memiliki MPP yang diresmikan. Acara peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, Kepala DPMPTSP Sarolangun, Sahrudin, SE, MM, dan Kadis Dukcapil Sarolangun, Riduan, S.STP, ME.

Berikut adalah daftar 16 Mall Pelayanan Publik yang diresmikan oleh MENPAN RB Abdullah Azwar Anas:

1. MPP Kabupaten Bangka
2. MPP Kabupaten Siak
3. MPP Kabupaten Sarolangun
4. MPP Kabupaten Seluma
5. MPP Kabupaten Mesuji
6. MPP Kabupaten Banjarnegara
7. MPP Kabupaten Wonosobo
8. MPP Kabupaten Katingan
9. MPP Kabupaten Lamandau
10. MPP Kabupaten Sukamara
11. MPP Kabupaten Gowa
12. MPP Kota Medan
13. MPP Kota Sukabumi
14. MPP Kota Tegal
15. MPP Kota Probolinggo
16. MPP Kota Banjarmasin

Setelah peresmian, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri menyampaikan terima kasih kepada MENPAN RB atas peresmian MPP Kabupaten Sarolangun. Ia menyatakan komitmen Pemkab Sarolangun untuk membangun MPP digital dengan sistem pelayanan yang cepat, mudah, dan murah bagi seluruh lapisan masyarakat Sarolangun.

Bachril Bakri juga mengungkapkan bahwa MPP Sarolangun telah beroperasi selama dua bulan terakhir, menyediakan 16 jenis layanan terpusat di satu tempat, termasuk pelayanan perizinan usaha, kesehatan, kepegawaian, pajak, administrasi kependudukan, perbankan, dan Samsat.

Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan MPP sebagai tempat pelayanan terpusat yang menyediakan layanan yang mudah, cepat, dan murah. Bachril Bakri juga menegaskan bahwa Pemkab Sarolangun akan terus meningkatkan kualitas pelayanan MPP, termasuk mengarahkan pelayanan menuju MPP digital sesuai arahan MENPAN RB, Sekjend Kemendagri, dan Mentri Kesehatan.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk memahami bahwa proses perizinan kini telah terpusat di MPP di kantor DPMPTSP Kabupaten Sarolangun, serta meminta dukungan dari OPD terkait untuk memberikan pelayanan secara berkesinambungan di MPP tersebut. Bachril Bakri mengakhiri dengan harapan bahwa dengan kerjasama yang baik, Sarolangun akan semakin maju dan masyarakat semakin sejahtera melalui pelayanan yang baik dari MPP. (IKP-KOMINFO)