img
Launching Pelayanan Terpadu MPP Sarolangun Berlangsung Sukses, Pemkab Sarolangun Sediakan 16 Gerai Pelayanan
  • BOB
  • January 09, 2024
  • Pengunjung (433)

SAROLANGUN - Pelayanan Terpadu di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sarolangun resmi diluncurkan oleh Gubernur Jambi, Dr. Alharis, S.Sos, MH, didampingi Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, pada Selasa (09/01/2024) sore di Kantor Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sarolangun, Sri Pelayang, Kel. Sarkam, Kecamatan Sarolangun.

Acara ini dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Jambi Hafis Hasbiallah, Pj Bupati Merangin H Mukti Said, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd beserta jajaran, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Suyono, S.Sos, Waka Polres Sarolangun Kompol A Lubis, Pj Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Ketua PN Sarolangun Deka Diana, SH, MH, Kasi Intel Kejari Sarolangun Erikson, SH. Juga turut hadir sejumlah anggota DPRD Sarolangun, perwakilan perusahaan, dan pejabat di lingkungan Pemprov Jambi dan Pemkab Sarolangun.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang telah menghadiri peluncuran pelayanan terpadu di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sarolangun.

"Launching ini dilakukan karena seharusnya peresmian harus dilakukan oleh Menpan RB. Namun, kita boleh melakukan launching karena fasilitas ini akan segera digunakan, dan peresmiannya akan dilakukan bersama-sama dengan daerah lain oleh Bapak Menpan RB," ujarnya.

Bachril Bakri menjelaskan bahwa MPP ini dibangun untuk menyediakan berbagai layanan di Sarolangun secara terpadu dan terintegrasi. Pendirian MPP didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 89 tahun 2021 tentang petunjuk teknis pelayanan terpadu di mall pelayanan publik.

"Di MPP Sarolangun ini, terdapat 16 Gerai Pelayanan yang mencakup berbagai instansi pemerintah dan lembaga vertikal," katanya.

Enam belas gerai pelayanan tersebut meliputi pelayanan BKPSDM urusan kepegawaian, BPPRD untuk pajak dan retribusi daerah, dinas sosial untuk Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Jamkesda, pelayanan kesehatan untuk sertifikat dan surat izin praktek, dinas PUPR untuk persesuaian kegiatan tata ruang, DPMPTSP untuk perizinan berusaha dan non berusaha, BPN untuk pendaftaran tanah, kementerian agama, pajak untuk layanan NPWP, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Samsat, PDAM, dukcapil untuk KTP elektronik, Kartu Keluarga, akte kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), dan bank 9 Jambi. Selain itu, terdapat juga layanan lingkungan hidup.

"Pada tahun 2023 hingga November, telah ditetapkan 835 izin di Kabupaten Sarolangun, dan investasi di Sarolangun mencapai lebih dari Rp 600 miliar hingga November 2023," tambahnya.

Bachril Bakri berharap MPP akan berkembang menjadi Mall Pelayanan Publik digital, memanfaatkan aplikasi komputer atau perangkat Android untuk memudahkan proses pelayanan.

"Khusus untuk layanan dukcapil, kami berterima kasih kepada Gubernur atas bantuan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), yang dapat digunakan mandiri untuk KTP, KK, akte kelahiran, dan lainnya. Secara kinerja, pelayanan dukcapil Sarolangun sudah cukup baik hingga Desember 2023," katanya.

Gubernur Jambi, Alharis, dalam arahannya menyatakan bahwa peluncuran MPP ini bertujuan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Pelayanan publik yang terpadu dan terintegrasi diharapkan dapat memberikan layanan yang cepat, mudah, dan berkualitas.

"Walaupun pelayanan harus cepat, namun tidak boleh mengorbankan kualitas. Fokus kita ke depan adalah memastikan bahwa hasil perizinan dapat dipantau oleh Pemerintah Daerah. Dengan potensi yang ada di Sarolangun, kita harapkan MPP ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin," ucapnya.

Dalam acara ini, Gubernur Jambi memberikan bantuan simbolis berupa Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) kepada Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri. Selain itu, dilakukan juga pemberian penghargaan kepada perusahaan yang telah melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan baik.

Gubernur Jambi Alharis dan Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, beserta jajaran, melakukan pelepasan balon ke udara sebagai simbol peluncuran Mall Pelayanan Publik. Acara ini diakhiri dengan peninjauan gerai pelayanan terpadu di MPP Sarolangun. (IKP-KOMINFO)