img
Jabatan Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Resmi Diperpanjang
  • BOB
  • May 22, 2024
  • Pengunjung (715)

SAROLANGUN - Pada tanggal 22 Mei 2024, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc resmi kembali menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun setelah masa jabatannya diperpanjang oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo. Pengukuhan ini dilakukan oleh Gubernur Jambi, Dr. H. Alharis, S.Sos, MH, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, bersamaan dengan pelantikan Pj Bupati Muaro Jambi, Raden Najmi.

Dalam acara tersebut, Gubernur Alharis menyerahkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, tentang pengangkatan dan perpanjangan jabatan Pj Bupati Sarolangun kepada Dr. Ir. Bachril Bakri. Selain itu, Ketua TP PKK Sarolangun, Ny. Indah Dewi Bachril, juga dikukuhkan oleh Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Ny. Hesti Haris.

Gubernur Alharis dalam arahannya menyatakan bahwa tugas Pj Bupati pada prinsipnya sama dengan Bupati definitif, namun ada tugas tambahan yaitu mengawal Pemilukada serentak, menciptakan suasana kondusif di masyarakat, dan memastikan pilkada berlangsung jujur dan damai.

"Pj Bupati harus mampu menciptakan suasana yang tenang di tengah masyarakat, menjaga netralitas dengan baik, serta bekerja sama dengan forkopimda kabupaten/kota dan semua stakeholder di daerah. Dinamika politik saat pemilu akan datang akan berbeda," kata Alharis.

Alharis juga mengingatkan Pj Bupati untuk tidak terjebak dalam situasi pilkada, melainkan harus mampu bekerja dengan bijak, menciptakan suasana kerja yang bahagia meskipun bersikap tegas.

"Jangan ciptakan kelompok-kelompok, tapi berbaurlah semuanya. Ini adalah amanah dari Allah SWT yang nanti akan diminta pertanggungjawabannya," tambahnya.

Alharis juga menekankan pentingnya peran PKK sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas, serta pentingnya mendukung UMKM dan kerajinan lokal.

"Selamat kepada Pj Bupati yang baru dilantik. Semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik," ujar Alharis.

Pj Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Mendagri Tito Karnavian atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk menjabat kembali sebagai Pj Bupati Sarolangun. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi atas pelantikan dan penyerahan SK Mendagri.

"Kami akan melaksanakan tugas sebagaimana juga yang sudah kami lakukan pada pilpres dan pileg 2024. Kami mempedomani surat edaran Mendagri untuk menjaga suasana kondusif dalam pilkada, stabilitas politik dan keamanan sehingga ketentraman dan ketertiban bisa terjaga. Kami akan melakukan koordinasi dengan forkopimda dan seluruh stakeholder masyarakat," kata Bachril Bakri. (IKP-KOMINFO)