img
Hadiri Kenduri Turun Betahun Desa Lubuk Bangkar, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Ajak Masyarakat Kompak Lestarikan Adat
  • BOB
  • June 26, 2024
  • Pengunjung (220)

SAROLANGUN - Pemerintah Desa Lubuk Bangkar menggelar kegiatan upacara adat berupa Kenduri Turun Betahun, sebuah tradisi yang diikuti masyarakat setempat untuk memulai bercocok tanam, khususnya padi sawah. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu (26/06/2024) dan juga sekaligus merupakan syukuran atas terpilihnya kembali Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc sebagai Penjabat Bupati Sarolangun.

Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, hadir bersama Ibu Ketua TP PKK Sarolangun, Ny. Indah Dewi Bachril, dan disambut hangat oleh masyarakat dengan aksi beladiri adat. Acara ini juga dihadiri Plh Sekda Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si, beserta Ibu Ny. Ratna Dewi Dedy, jajaran TP PKK Sarolangun, Kadis Nakan Sarolangun Dulmuin, SP, Pimpinan Bank Jambi Cabang Sarolangun, M. Ridwan, SE, Camat Batang Asai, Kades Lubuk Bangkar, Radinal Mukhtar, SE, Kades Muara Cuban, Julius, serta ratusan masyarakat Desa Lubuk Bangkar.

Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, mengapresiasi pelaksanaan Kenduri Turun Betahun sebagai upacara adat yang penting bagi masyarakat untuk memulai bercocok tanam. Ia juga berterima kasih kepada Kades Lubuk Bangkar yang telah melaksanakan kegiatan ini dan menyatakan syukurnya atas penunjukan kembali dirinya sebagai Pj Bupati Sarolangun.

"Cukup meriah tadi, saya berterima kasih kepada Kades Lubuk Bangkar dalam melaksanakan kegiatan kenduri turun betahun, salah satu kegiatan adat untuk memulai bercocok tanam serta sekaligus juga syukuran terhadap penunjukan kami sebagai Pj Bupati Sarolangun," katanya.

Bachril Bakri juga mengucapkan terima kasih kepada Kades Lubuk Bangkar yang telah melestarikan adat istiadat di desa dengan baik dan mengimbau para kades lain untuk mencontoh kegiatan ini. Ia juga memuji Kades Muara Cuban yang membangun objek wisata untuk meningkatkan UMKM dan BUMD, serta mendorong pemanfaatan anggaran dana desa dengan baik untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

Dalam acara tersebut, Bachril Bakri juga memberikan bantuan pembangunan masjid bersama CSR Bank Jambi kepada empat masjid dengan nilai masing-masing Rp4 juta, bantuan benih ikan sebanyak 5.000 ekor, dan bantuan benih padi untuk lahan seluas 10 hektar.

"Dan juga nanti dalam APBD perubahan tahun 2024 kami akan memberikan bantuan 10 ekor sapi dan satu paket jalan seharga Rp200 juta," tambah Bachril Bakri.

Selain itu, Bachril Bakri juga memberikan bantuan bagi masyarakat yang tergolong miskin ekstrem, yang berjalan dengan lancar. (IKP-KOMINFO)