img
Gelar Musrenbang Kecamatan Mandiangin Timur, 33 Usulan Pembangunan Prioritas Mayoritasnya Infrastruktur Jalan
  • BOB
  • January 31, 2024
  • Pengunjung (25)

SAROLANGUN - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Mandiangin Timur pada Rabu (30/01/2024) di aula Kantor Camat Mandiangin Timur berjalan lancar dengan dibuka oleh Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Sarolangun, H. Juddin, S.Ag. Kegiatan ini bertujuan untuk mengusulkan perencanaan pembangunan daerah dalam RKPD Tahun 2025.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua I DPRD Sarolangun, Aang Purnama, SE, berserta sejumlah anggota DPRD Sarolangun dan sejumlah pejabat daerah lainnya. Musrenbang ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Musrenbang di tingkat kelurahan dan desa se-Kecamatan Mandiangin Timur, yang telah menghasilkan 33 usulan kegiatan pembangunan.

Plt Camat Mandiangin Timur, Rendra Aptalisma, menjelaskan bahwa mayoritas dari 33 usulan tersebut berasal dari hasil Musrenbang Desa di Kecamatan Mandiangin Timur. Prioritas utama usulan pembangunan adalah infrastruktur jalan, terutama pengaspalan jalan poros lingkar Kecamatan Mandiangin Timur. Selain itu, terdapat juga usulan pembangunan infrastruktur lainnya seperti balai posyandu, rehabilitasi sekolah, pengecoran halaman kantor, pembangunan pagar kantor camat, dan pemasangan teralis gedung kantor untuk menjaga keamanan.

Plt Kepala Bappeda Sarolangun, Maria Susanti, menekankan bahwa Musrenbang merupakan bagian penting dari mekanisme perencanaan pembangunan daerah, melibatkan berbagai komponen masyarakat dan Pemerintah. Ia menyoroti empat poin isu dan permasalahan dalam prioritas perencanaan pembangunan daerah dalam RKPD 2025, yaitu peningkatan infrastruktur daerah, perekonomian daerah dan masyarakat, tata kelola pemerintahan, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Staf Ahli Bupati Sarolangun, Juddin, menyatakan bahwa hasil Musrenbang kecamatan ini akan menjadi bahan pembahasan dalam Musrenbang RKPD dalam penghimpunan dan penyusunan RKPD tahun 2025. Dia juga menekankan pentingnya mengusulkan program-program pembangunan yang prioritas, realistis, dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan arah kebijakan nasional.

Plt Camat Mandiangin Timur, Rendra Aptalisma, dan perwakilan kepala desa serta tokoh masyarakat kemudian melakukan penandatanganan berita acara hasil kesepakatan bersama dalam Musrenbang kecamatan Mandiangin Timur untuk penyusunan RKPD 2025, disaksikan oleh para pejabat terkait.

Melalui Musrenbang ini, diharapkan usulan-usulan pembangunan yang dihasilkan dapat terakomodir dalam RKPD 2025 dan membawa dampak positif bagi kemajuan Kecamatan Mandiangin Timur serta Kabupaten Sarolangun secara keseluruhan. (IKP-KOMINFO)