img
Forkopimda Sarolangun Gelar Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2024
  • BOB
  • May 02, 2024
  • Pengunjung (563)

SAROLANGUN - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sarolangun menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024. Acara ini berlangsung pada Kamis (02/05/2024) di Aula Golden Hotel Sarolangun dan dibuka oleh Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bachril Bakri, M.App, Sc.

Rakor ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, antara lain Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.Ik, M.Si, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Suyono, S.Sos, Kajari Sarolangun Zulfikar Nasution, SH, MH, Pj Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, M.Si, Ketua PN Sarolangun Deka Diana, SH, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, S.Pd.I, dan Kepala Sekretariat Bawaslu Sarolangun Dody Sartono. Turut hadir juga sejumlah perwira TNI dan Polri serta pejabat dari berbagai instansi terkait lainnya.

Kakan Kesbangpol Sarolangun, Hudri, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan KPU RI Nomor 02 Tahun 2024 tentang penetapan tahapan jadwal pemilihan kepala daerah.

Bachril Bakri menyatakan pentingnya persiapan yang matang untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 agar berjalan lancar, aman, dan kondusif. Dia menggarisbawahi sinergi antara seluruh jajaran Forkopimda dan stakeholder dalam memastikan kesuksesan pelaksanaan Pilkada.

Dia juga menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam mendukung pelaksanaan Pilkada, termasuk melalui alokasi dana hibah untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun Priode 2024-2029. Dana hibah telah diserahkan sepenuhnya kepada KPU Sarolangun untuk mendukung kelancaran operasional pemilihan.

Selain itu, Bachril Bakri menekankan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada ini sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dia juga mengingatkan akan perlunya antisipasi terhadap potensi kerawanan selama tahapan pelaksanaan Pilkada, seperti kampanye hitam dan pengamanan pemungutan dan penghitungan suara.

Rakor ini diakhiri dengan foto bersama dan diskusi untuk meningkatkan sinergitas dalam memastikan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Sarolangun. Semua tahapan kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. (IKP-KOMINFO)