img
DPMPTSP Sarolangun Gelar Bimtek Implementasi Perizinan dan Pengawasan Berusaha Berbasis Resiko Serta LKPM Bagi Para Pelaku Usaha Tahun 2024
  • BOB
  • May 07, 2024
  • Pengunjung (62)

SAROLANGUN - Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sarolangun tampaknya sangat penting untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko serta pengawasan berbasis risiko kepada pelaku usaha di wilayah tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Kabid Pengendalian Penanaman Modal Desy Oktawati menyoroti pentingnya kepatuhan pelaku usaha terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini juga sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelaku usaha dalam mematuhi ketentuan pelaksanaan kegiatan usaha.

Pentingnya pemahaman tentang persyaratan pembuatan Perizinan Berusaha juga ditekankan, bersama dengan kesadaran akan sanksi-sanksi yang mungkin diterapkan jika terjadi keterlambatan dalam menyampaikan laporan. Ini adalah langkah-langkah yang penting dalam meningkatkan kepatuhan dan pemerataan realisasi investasi di Kabupaten Sarolangun.

Penggunaan Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS-RBA) untuk pengurusan izin usaha dan pengawasan pelaku usaha menunjukkan upaya Pemerintah untuk memperbarui dan mempercepat proses perizinan. Selain itu, pengawasan yang berbasis risiko juga membantu memastikan kegiatan usaha sesuai dengan standar yang ditetapkan, sambil meminimalkan birokrasi yang tidak perlu.

Dengan target investasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, seperti yang disebutkan oleh Kepala DPMPTSP Sarolangun, penting bagi pelaku usaha untuk berpartisipasi aktif dalam menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM). Hal ini tidak hanya memungkinkan pemerintah untuk memantau dan mengevaluasi realisasi investasi, tetapi juga membantu mencapai target-target investasi yang ditetapkan.

Kegiatan bimbingan teknis yang dilakukan dengan mengundang narasumber yang kompeten juga menunjukkan komitmen DPMPTSP Kabupaten Sarolangun untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada para pelaku usaha. Dengan demikian, diharapkan para pelaku usaha dapat mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku, sehingga tujuan pemerintah dalam meningkatkan investasi dan kegiatan usaha di wilayah tersebut dapat tercapai. (IKP-KOMINFO)