img
DPAD Sarolangun Gelar Sosialisasi Perda Nomor 02 Tahun 2020 dan Perbup Tentang Penyelenggaraan Kearsipan Tahun 2023
  • MI2
  • December 12, 2023
  • Pengunjung (172)

SAROLANGUN – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Sarolangun nomor 02 Tahun 2020 dan peraturan Bupati Sarolangun nomor 19 dan 20 tahun 2023 tentang penyelenggaraan kearsipan, Selasa (12/12/2023) di ruang aula Bappeda Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, yang berlangsung dengan lancar.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Tenaga Ahli Arsiparis Kemendagri Rusel Simangkir, SE, Arsiparis Arsip Nasional RI Mochammad Satrianto, S.Hum, M.AP, Tenaga Ahli Perpustakaan Nasional Ferdy Firmansyah,  Anggota DPRD Sarolangun Drs H Fahrul Rozi, M.Si, Kepala DPAD Sarolangun H A Waldi Bakri, S.IP, S.SOS, MM, para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun, tenaga unit kepegawaian dan tata Usaha dari seluruh OPD serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala DPAD Sarolangun Waldi Bakri dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagaimana dalam amanat Undang-Undang Nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan, UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, PP 28 tahun 2012 tentang pelaksanaan UU 43 tahun 2009 serta perda No 2 tahun 2020 dan perka ANRI No 4 th 2021 tentang pedoman penerapan Sistim Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Peserta kegiatan

” Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya utk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang regulasi mengenai kebijakan, pembinaan, dan pengelolaan kearsipan sehingga dalam pelaksanaanya sesuai dengan kaedah dan regulasi yang ada,” katanya.

Dalam kegiatan ini pihaknya juga mengangkat Tema dengan sosialisasi perda kita terapkan e-arsip yang berkesinambungan menuju Sarolangun maju, dengan harapan meningkatkan pengelolaan kearsipan di seluruh OPD lebih baik lagi dan berbasis digital.

” Kita akan launching iSarolangun sebagai upaya kita dalam meningkatkan perpustakaan digital agar minat baca masyarakat Lebih baik lagi dan jumlah anggota perpustakaan juga meningkat sehingga tidak ada kesempatan berkunjung tapi sudah bisa menjadikan perpustakaan di genggaman saja,” katanya.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri menyerahkan piagam penghargaan kepada OPD terbaik dalam pengelolaan dan penataan kearsipan

Pada kesempatan tersebut, DPAD Sarolangun juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 10 OPD terbaik dalam pengelolaan dan penataan arsip tahun 2023 sebagai hasil dari pengawasan internal kearsipan DPAD sebagai lembaga kearsipan daerah.

Kesepuluh opd tersebut yakni Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Sekretariat DPRD Sarolangun, Bappeda Sarolangun, BPPRD Sarolangun, Dinas DPMPTSP Sarolangun, BKPSDM Sarolangun, Dinas PUPR Sarolangun dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sarolangun.

(IKP-DISKOMINFO)