img
Disperindag, UMKM dan Koperasi Gelar Gentar Lomba UMKM
  • MI2
  • December 09, 2023
  • Pengunjung (612)

SAROLANGUN – Dinas perindustrian, Perdagangan, UMKM dan Koperasi Kabupaten Sarolangun menggelar gebyar lomba Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tingkat Kabupaten Sarolangun, Sabtu (09/12/2023) di aula Kantor Disperindag Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc diwakili Staf Ahli Bupati Sarolangun H Muhammad, S.Ag, yang berlangsung dengan lancar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Perindag, UMKM dan Koperasi Sarolangun Drs H Muslihadi, M.Pd.I, Para dewan juri, Kabid Koperasi dan UMKM Abdullah Idris, Perwakilan Bank Jambi Cabang Sarolangun Dodi, Perwakilan Bank BRI Cabang Sarolangun , Peserta lomba UMKM dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kadis Perindag, UMKM dan Koperasi Muslihadi mengatakan gebyar lomba UMKM ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat para pelaku UMKM, memotivasi UMKM agar lebih berkembang dan naik kelas, menguji kemampuan UMKM dalam era digitalisasi dan memudahkan pembinaan UMKM yang ingin berkembang.

” Peserta kegiatan dari 11 kecamatan dilaksanakan selama dua hari 9-10 Desember 2023. Dalam lomba UMKM ini ada tiga kategori yakni Kategori Kuliner, kategori kerajinan dan kategori Fashion (Design), dengan hadiah uang pembinaan juara I sebesar Rp 5Juta, Juara II sebesar Rp 3 juta, juara III sebesar Rp 2 juta dan juara IV sebesar Rp 1 Juta,” katanya.

 

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Sarolangun Muhammad mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Sarolangun memberikan apresiasi dengan kegiatan lomba UMKM dengan harapannya nantinya para pelaku UMKM Sarolangun lebih unggul dan bangkit dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat Sarolangun.

” Saya yakin bercerita tentang kuliner yang dipikirkan oleh para pedagang itu adalah kenaikan harga, dan itu memang hampir 50 persen mendorong untuk penekanan inflasi karena kenaikan harga, seperti harga cabe. Pertumbuhan ekonomi sarolangun tertinggi pada tahun 2022 dibandingkan dengan kabupaten lain di provinsi Jambi, faktornya salah satunya minerba,” katanya.

Iapun menaruh harapan yang besar dengan adanya kegiatan lomba ini dapat meningkatkan inovasi di bidang UMKM, serta membangkitkan semangat UMKM dengan menggunakan tekhnologi digital dan mampu beradaptasi dengan era modern sekarang ini.

” Para pelaku UMKM harus melek dengan digital, sebanyak 40 persen UMKM menggunakan sosial media. Saya memberikan apresiasi yang penuh kepada Disperindagkop, dengan tiga konsep yang disampaikan, yakni kenali, beli dan pasarkan,” katanya.

” Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kegiatan gebyar lomba UMKM tahun 2023 saya nyatakan dibuka secara resmi,” kata dia menambahkan.

 

Dalam kegiatan tersebut diakhiri dengan poto bersama serta dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba UMKM baik kategori kerajinan, kategori kuliner maupun kategori fashion (Design).

(IKP-KOMINFO)