img
Dinas LH Sarolangun Gelar FGD KLHS RDTR Kawasan Perkotaan Tahun 2023
  • BOB
  • November 23, 2023
  • Pengunjung (163)

SAROLANGUN - Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Sarolangun Kabupaten Sarolangun Tahun 2023, Kamis (23/11/2023) di yang aula Dinas LH Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka Kadis LH Sarolangun Kurniawan, ST, yang diwakili Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup M. Amin Faisal, S.HI, yang dihadiri Kabid Tata Lingkungan Eis Wahyuningsih, S.KM, Tenaga Ahli Ir Freddy Ilfan, ST, MT dan Dr Ir Mohd. Zuhdi, M.Si, dan para Nara sumber Lindawati, S.Pt, M.Si via zoom meeting, Kabid Sarpras Bappeda Sarolangun Bahder Johan, ST, dan Rafiqul Wajdi, S.PN.

Selain itu hadir juga Kabid Perizinan Abdullah Fikri, Kabid Perkebunan Zamromy, Sekretaris Dinas perhubungan Akhirul Amin, Kabid Pariwisata Ita Safitri, Kasi Dinas Perkim Ahmad Dahlan, serta jajaran OPD lainnya.

Kabid Penataan Lingkungan Hidup M Amin Faisal dalam kesempatan itu menyampaikan sambutan Kadis LH Sarolangun, mengatakan bahwa sebelumnya telah dilakukan konsultasi publik yang bertujuan untuk penyelamatan isu strategis prioritas terutama dalam pembangunan berkelanjutan di kawasan perkotaan Sarolangun.

Tujuan dilaksanakan kegiatan FGD ini untuk melakukan identifikasi muatan KRP yang berpengaruh terhadap lingkungan hidup, dimana identifikasi materi muatan KTP yang berpotensi menimbulkan pengaruh terhadap kondisi Lingkungan Hidup, maka dilakukan untuk menemukan dan menentukan muatan KRP yang harus dianalisis untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kondisi lingkungan hidup.

” Identifikasi materi muatan KTP dilakukan dengan menelaah konsep rancangan KRP yang akan di susun, atau menelaah seluruh materi KRP berlaku yang akan dievaluasi,” katanya.

Kegiatan penyusunan KLHS RDTR dalam pemaparan Nara sumber

M Amin Faisal juga mengharapkan semua pihak yang hadir pada kegiatan FGD hari ini agar nantinya dapat mengikuti dan berpartisipasi aktif sehingga nantinya dapat memberikan masukan yang bermanfaat dalam penyusunan dokumen KLHS RDTR Kawasan perkotaan Sarolangun Kabupaten Sarolangun.

” Demikianlah sambutan ini dan atas nama dinas lingkungan hidup kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,”katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber serta diskusi bersama dalam penyusunan KLHS RDTR Kawasan Perkotaan Kabupaten Sarolangun. (IKP-KOMINFO)