img
Buka Forum Konsultasi Publik, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Harap Pertajam Perencanaan Pembangunan Daerah
  • BOB
  • February 16, 2024
  • Pengunjung (254)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, secara resmi membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) untuk Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sarolangun tahun 2025 pada Jumat (16/02/2024) di Aula Kantor Bappeda Sarolangun.

Dalam sambutannya, Bachril Bakri menyampaikan pentingnya penyusunan perencanaan yang terencana dan terstruktur karena setiap rupiah yang dianggarkan dalam APBD harus memiliki perencanaan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Ia juga menegaskan pentingnya konsistensi antara perencanaan dan penganggaran, sesuai dengan Permendagri Nomor 86.

Forum Konsultasi Publik ini merupakan momentum untuk melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam proses pengusulan perencanaan, yang nantinya akan dibahas lebih lanjut dalam Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten Sarolangun. Bachril Bakri juga menekankan perlunya memperhatikan kebijakan nasional dalam penyusunan RKPD serta fokus terhadap isu strategis seperti penanganan kemiskinan ekstrem, pengangguran terbuka, pengendalian inflasi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Selain itu, Bachril Bakri juga berharap agar perencanaan pembangunan daerah dapat dipertajam dengan menggunakan data dan informasi yang valid. Prioritas pembangunan yang diusulkan oleh SKPD diharapkan dapat mencakup penambahan anggaran dana desa, anggaran di pemerintah kecamatan, serta fokus pada sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan. Di bidang pertanian, ia juga membagikan tentang penanaman padi sawah varietas IPB 3 Sakti yang menghasilkan produksi dua kali lipat dari varietas sebelumnya.

Diskusi bersama nara sumber dan peserta forum konsultasi publik juga dilakukan dalam kegiatan ini untuk memperkaya proses penyusunan rancangan RKPD tahun 2025 Kabupaten Sarolangun. Semua pihak diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk meningkatkan kualitas pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sarolangun. (IKP-KOMINFO)