img
Bersih-Bersih Sampah, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Apresiasi Program BRI Peduli Sungai
  • BOB
  • December 22, 2023
  • Pengunjung (205)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc turun langsung melakukan gerakan bersih-bersih sampah di pelataran sungai dan selokan yang ada di Eks Gedung Pasar Bawah Sarolangun, Kelurahan Pasar Sarolangun, Kecamatan Sarolangun, Jumat (22/12/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangkaian pelaksanaan program BRI Peduli, jaga sungai jaga kehidupan, BRI Menanam, yang dilakukan oleh Kantor Cabang BRI Kabupaten Sarolangun.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan Kantor Cabang BRI Kabupaten Sarolangun Yoga Pratama, Kadis Lingkungan Hidup Daerah Kurniawan, ST, Kepala DPMPTSP Sarolamgun Sahrudin Muis, SE, MM, Kadiskanak Dulmuin, Plt Kepala Bappeda Sarolangun Hj Maria Susanti, SE, dan Camat Sarolangun Bustra Desman serta masyarakat sekitar.

Pimpinan Cabang BRI Sarolangun, Yoga Pratama mengucapkan terima kasih kepada bapak PJ Bupati Sarolangun, Dinas LHD Sarolangun dan jajaran Pemerintah Kecamatan sarolangun serta Kelurahan dalam mendukung pelaksanaan program BRI Peduli jaga sungai, jaga lingkungan, BRI Menanam.

” Kami dari BRI melaksanakan salah satu CSR kepada masyarakat dalam Program peduli sungai dan lingkungan agar tetap bersih dan sehat,” katanya.

Disebutkannya bahwa Sungai merupakan salah satu sumber kehidupan manusia, sehingga sungai harus dapat dijaga dan dilestarikan dengan baik, serta tidak melakukan pencemaran air sungai dengan pembuangan sampah secara sembarangan,

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat mengambil sampah yang terbuang di aliran sungai

Maka dari itu, pihaknya pun melakukan wujud nyata bersih-bersih dan memberikan bantuan alat kebersihan serta nanti akan dilakukan edukasi kepada warga, yang disampaikan oleh BRI Institut.

Dengan harapan masyarakat nantinya tidak lagi membuang sampah ke sungai, dan tentunya diharapkan juga masyarakat tidak lagi membuang sampah secara sembarangan yang berakibat akan terjadinya pencemaran lingkungan dan sungai.

” Kita kedepan bisa berkolaborasi bersama Pemda Sarolamgun dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, bantuan sarana alat kebersihan dan bibit tanaman keras seperti bibit buah, selain pelindung, buahnya nanti bisa juga dimanfaatkan oleh warga,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten sarolangun sangat mengapresiasi program BRI peduli, dengan semboyan Jaga Sungai, jaga kehidupan, BRI Menanam.

Tentu diharapkan kegiatan seperti ini dapat dilakukan oleh masyarakat di Sarolangun, setidaknya melakukan kegiatan gotong royong dan meningkatkan kesadaran agar tidak membuang sampah sembarangan, melainkan dapat mengumpulkan, mengolah sampah secara bijak, tekat, bersih dan lancar.

” Kita melakukan gerakan bersih-bersih sungai, mengambil sampah di sungai, membersihkan gorong-gorong karena ini titik yang menjadi sumbe banjir penyebab banjir di Sarolangun, kedepan kami himbau kepada masyarakat buanglah sampah pada tempatnya, jaga kebersihan dan jangan buang sampah di sungai,” katanya.

Poto bersama

Selain itu, menurut Bachril Bakri juga mengharapkan masyarakat juga dapat mengolah sampah dengan cara dipilah, kurangi sampah, gunakan kembali serta olah kembali untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

” Kami akan merubah sistem pengolahan sampah di Sarolangun dan dari TPA menjadi tempat pengolahan sampah terpadu yang akan bisa meningkatkan sampah Dari yang hanya di uang menjadi bernilai ekonomi yang bisa digunakan untuk kompos, dan kalau bisa menghasilkan minyak, yang bisa menggantikan bahan bakar minyak,” katanya. (IKP-KOMINFO)