img
Bersama Pemdes Sungai Bemban, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Lakukan Gerakan Tanam Padi Sawah Seluas 76 Hektar
  • BOB
  • November 25, 2023
  • Pengunjung (101)

SAROLANGUN - Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc bersama Pemerintah Desa Sungai Bemban, Kecamatan Batang Asai melakukan Gerakan Tanam Padi Sawah, Sabtu (25/11/2023) di areal persawahan masyarakat setempat.

Penanaman padi sawah ini juga dilakukan bersama kelompok tani Suka Damai, Desa Sungai Bemban, jajaran forkompinda sarolangun, dan unsur tripika kecamatan Batang Asai.

Kedatangan PJ Bupati Sarolangun Bachril beserta jajaran ini di sambut hangat oleh segenap jajaran Kades Sungai Bemban  Suryadi, Sekretaris Desa Muhammad Yusar Adnan, BPD, Anggota kadus, tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat setempat, dengan penyambutan berupa tarian adat lokal dan pengalungan bunga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPRD Sarolangun Asmarul, Kadis sosial Sarolangun Helmi, SH, MH, Camat Batang Asai Junaidi, Kabid Tanaman Pangan Hurmilus, jajaran Tripika Kecamatan, Korwil Pertanian Batang Asai M Jamel beserta anggota, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan para kelompok tani.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat melakukan penanaman padi sawah

Usai penanaman benih padi sawah di area persawahan, Bachril Bakri mengaku optimis hasil panen padi nantinya bisa maksimal di desa Sungai Bemban ini di karenakan hamparan lahan yang amat luas.

” Kita barusan menanam padi sawah jenisnya impari 32 untuk luas lahan sebanyak 76 hektar yang di perkirakan produksinya 4,6 ton satu hektarnya, berarti 500 ton bisa di produksi setelah tiga bulan,”katanya.

Di dikatakannya, program penanaman padi yang dilakukan hari ini merupakan agenda wajib di setiap kecamatan yang bertujuan menekan inflasi di Kabupaten Sarolangun serta mewujudkan kemandirian pangan bagi masyarakat.

“Jadi ini adalah program khusus kita untuk menanam padi di Kecamatan yang luasnya minimal 2 hektar,” katanya.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat berdialog dengan masyarakat desa sungai Bemban dan kelompok tani suka damai

 

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat Poto bersama dengan Kades Sungai Bemban Suryadi, Korwil Pertanian Batang Asai dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Saat di tanyai terkait upaya yang akan di lakukan Pemerintah Daerah dalam mensupport sektor pertanian beras, Bachril Bakri mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas TPHP dalam menyiapkan bibit unggulan langsung dari Institusi Pertanian Bogor.

” Sekarang masih dalam proses melalui e-katalog dan nanti akan di tanam kembali jenis padi lain kualitas unggul dari IPB Bogor,” katanya. (IKP-KOMINFO)