img
Berhasil Turunkan Angka Stunting di Sarolangun, Pj Bupati Bachril Bakri Ungkap dari 740 Anak Hingga Kini Hanya 370
  • BOB
  • April 22, 2024
  • Pengunjung (71)

SAROLANGUN - Kemajuan dalam penurunan angka stunting di Kabupaten Sarolangun selama masa jabatan Pj Bupati Bachril Bakri merupakan pencapaian yang signifikan. Laporan Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan III Pelaksanaan Tugas Sebagai Bupati Sarolangun oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri pada Jumat, 23 Februari 2023, menunjukkan bahwa angka balita stunting menurun secara konsisten dari Triwulan I hingga Triwulan III.

Angka stunting pada Triwulan III menurun hingga 50 persen, dari total balita stunting sebanyak 740 anak menjadi 370 anak. Hal ini menjadi salah satu aspek yang paling mendapatkan apresiasi dari Inspektorat Jenderal Kemendagri.

Pj Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, menjelaskan bahwa penurunan yang signifikan ini disebabkan oleh tingginya perhatian Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam penanggulangan stunting. Berbagai intervensi kebijakan, sensitif, dan spesifik telah dilakukan setiap triwulan.

Intervensi kebijakan mencakup penetapan rumah asuh stunting, penyuluhan lapangan keluarga berencana (PLKB), dan kegiatan Cegah Stunting (Ceting). Sementara itu, intervensi spesifik termasuk pengadaan peralatan medis, pemberian makanan tambahan, serta pembangunan infrastruktur sanitasi dan air bersih.

Penghargaan juga diberikan kepada para camat, lurah, kepala desa, dan kepala Puskesmas yang berhasil menurunkan angka stunting di wilayahnya. Selain itu, Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan juga dimanfaatkan untuk pengadaan bahan makanan tambahan.

Pemerintah Kabupaten Sarolangun juga melibatkan pejabat eselon II dan III sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) serta melakukan berbagai kegiatan seperti pengadaan alat medis, pemantauan pertumbuhan balita, dan pemberian tablet penambah darah kepada ibu hamil.

Selain intervensi kebijakan dan spesifik, intervensi sensitif seperti pembangunan sanitasi dan sistem pengelolaan air minum juga dilakukan. Supervisi pelayanan gizi dan kesehatan ibu dan anak serta sosialisasi kesehatan reproduksi dan pelayanan KB bergerak juga menjadi bagian dari upaya tersebut.

Pj Bupati Bachril Bakri menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala perangkat daerah atas kinerja yang sangat baik. Ia juga mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kinerja demi kemajuan Kabupaten Sarolangun yang lebih baik dan sejahtera. (IKP-KOMINFO)