img
Menkominfo Dorong Generasi Muda Tingkatkan Keahlian Digital
  • RH
  • July 21, 2024
  • Pengunjung (70)

Menkominfo Dorong Generasi Muda Tingkatkan Keahlian Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika mendorong generasi muda meningkatkan keahlian bidang digital untuk menghadapi tantangan transformasi digital menuju Indonesia Emas 2045.

"Saya selalu bicara dengan anak muda, ini waktunya kalian sebenarnya, menuju 2045. Jadi jangan sia-siakan waktu, kesempatan," tegasnya dalam Kuliah Umum 100 Tahun Indonesia Merdeka: Geostrategi Pembangunan Manusia”  yang diselenggarakan Lingkar Mahasiswa untuk Demokrasi di Jakarta Pusat, Minggu (21/07/2024).

Menteri Budi Arie menekankan mahasiswa sebagai generasi muda saat ini akan menjadi pemimpin pada Tahun 2045. Oleh karena itu, Menkominfo mengingatkan agar beradaptasi dalam menghadapi tantangan transformasi digital.

"Itulah tugas kita semua, terutama kaum muda seperti kalian, rata-rata kan umurnya masih 20-25 tahun, 21 tahun lagi baru 45 tahun, itu lagi top-topnya," tandasnya.

Menurut Menteri Budi Arie,  generasi saat ini memiliki kemudahan dalam empelajari berbagai ilmu pengetahuan berkat adanya internet.

"Saya, untuk nyari satu buku perlu dua jam di perpustakaan, sekarang cukup lima detik kita sudah bisa dapat bahan," ujarnya.

Menkominfo menyatakan Indonesia saat ini masih memerlukan banyak talenta digital untuk mendukung proses transformasi digital.

"Dari proyeksi kita hingga 2030, indonesia itu kekurangan talenta digital hampir 9 juta orang, jadi kita perlu peningkatan kecepatan dalam mencetak digital talent," katanya.

Menteri Budi Arie optimis dengan transformasi digital dan dukungan sumberdaya manusia yang berkualitas, Indonesia dapat menjadi salah satu negara maju di dunia.

“Negara yang memiliki sumber daya manusia yang kuat akan menjadi pemenang dalam persaingan global di masa depan,” tegasnya.

Sumber : kominfo.go.id