img
Menghadirkan Internet hingga Pelosok Negeri
  • RON
  • October 21, 2023
  • Pengunjung (142)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) BAKTI Kominfo untuk mempercepat pengadaan infrastruktur telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia. Langkah ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Peta Jalan Digital Indonesia tahun 2020-2024, yang menargetkan pembangunan jaringan BTS 4G/LTE di 12.548 desa.

Dari total desa tersebut, 9.113 desa di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) akan dibangun oleh BAKTI, sementara 3.435 desa sisanya akan dibangun oleh operator telekomunikasi karena masuk ke wilayah ekonomis. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa masyarakat di wilayah 3T perbatasan dan wilayah prioritas memiliki akses internet yang layak.

Satgas BAKTI Kominfo, yang dibentuk oleh Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi, bertugas untuk mengawal percepatan penyelesaian infrastruktur digital di daerah terluar. Mereka akan bekerja dengan transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, dan ketepatan sesuai peraturan yang berlaku.

Masa tugas Satgas BAKTI Kominfo dimulai pada Oktober 2023 dan akan berakhir bersamaan dengan masa jabatan Menteri Kominfo pada Oktober 2024. Satgas ini terdiri dari berbagai pihak, termasuk Staf Khusus Kementerian Kominfo, Dirut BAKTI Kementerian Kominfo, serta perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kejaksaan Agung, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Satgas BAKTI Kominfo memiliki wewenang untuk memberikan arahan, rekomendasi, dan koordinasi terkait dengan penyediaan akses internet di wilayah 3T, termasuk pembangunan BTS, penyediaan jaringan serat optik Palapa Ring, penyediaan hot backup satellite (HBS), dan pengoperasian SATRIA-1.

Selain itu, Menteri Budi Arie Setiadi juga menyampaikan perkembangan dalam pembangunan BTS 4G dan satelit SATRIA-1. Hingga tahun 2021, sudah ada 4.343 BTS 4G yang beroperasi, dan ada rencana untuk menambah sejumlah BTS lagi. Satelit SATRIA-1 memiliki kapasitas yang diharapkan dapat menyediakan akses internet hingga 4Mbps di berbagai titik lokasi layanan publik di Indonesia.

Selain itu, BAKTI Kominfo juga berperan dalam pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung nasional Palapa Ring, yang mencakup ribuan kilometer kabel serat optik. Proyek ini telah menjadi proyek strategis nasional (PSN) dan berkontribusi signifikan dalam memperluas jaringan internet di seluruh Indonesia.

Sumber :indonesia.go.id