img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Pimpin Rakor Forkopimda, Bahas Persiapan Operasi Ketupat dan Lomba Biduk
  • BOB
  • March 22, 2024
  • Pengunjung (66)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, memimpin Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sarolangun pada Jumat, 22 Maret 2024, bertempat di Ruang Pola Utama Kantor Bupati Sarolangun. Rapat ini diadakan dalam rangka membahas kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah dan isu-isu terkait untuk menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif di wilayah Kabupaten Sarolangun.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.IK, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Suyono, Pj Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Ketua PN Sarolangun Deka Diana, jajaran forkopimda, PJU Polres Sarolangun, para kepala OPD terkait, Kakan Kesbangpol Sarolangun Hudri, M.Pd I, Camat, Kapolsek, dan Danramil se-Kabupaten Sarolangun.

Dua poin penting yang menjadi pembahasan dalam pertemuan tersebut adalah persiapan operasi Ketupat untuk pengamanan mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri, serta pelaksanaan kegiatan lomba biduk atau pacu perahu dalam memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri menyampaikan bahwa dalam persiapan operasi Ketupat, beberapa antisipasi dilakukan terhadap ancaman yang mungkin terjadi selama Lebaran, seperti kecelakaan lalu lintas dan bencana alam. Operasi Ketupat akan dilakukan oleh personil gabungan mulai H-11 hingga H+7 hari Raya Idul Fitri.

"Kita akan membentuk pos pengamanan, pos terpadu, dan pos pelayanan di titik-titik yang strategis, dengan dukungan dari seluruh forkopimda, OPD terkait, camat, Kapolsek, dan Danramil," ujarnya.

Terkait kegiatan lomba biduk, Bachril Bakri menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sarolangun bersama forkopimda mendukung pelaksanaan kegiatan pacu perahu tradisional, namun dengan memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami mendukung pelaksanaan lomba biduk, karena sudah menjadi tradisi di Sarolangun. Namun, kami akan memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat selama pelaksanaannya. Permasalahan terkait lomba biduk, seperti perdamaian dan keamanan, akan diperbaiki untuk mengantisipasi terjadinya konflik," tambahnya. (IKP-KOMINFO)