Gerakan Tanam Cepat Panen, Pj Bupati Henrizal Tanam Cabe Merah Bersama Poktan Maju Bersama

  • Rabu, 25 Januari 2023
  • WHD
Gerakan Tanam Cepat Panen, Pj Bupati Henrizal Tanam Cabe Merah Bersama Poktan Maju Bersama

SAROLANGUN - Dalam rangka menggerakkan masyarakat Sarolangun untuk tanam cepat panen, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM melakukan penanaman cabe merah bersama Kelompok Tani (Poktan) Maju Bersama, Rabu (25/01/2023) di Desa Pelawan, Kecamatan Pelawan.

Penanaman cabe tersebut dilakukan bersama jajaran forkompinda Sarolangun, yang dihadiri Kajari Sarolangun Bobby Ruswin, SH, MH, Kapolsek Pelawan Singkut, Danramil 420-03 Muara Limun Kapten Inf Zul Abdullah, Kepala Dinas TPHP Sarolangun Ir Dedi Hendri, jajaran Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun.

Selain itu, petani cabe Sarjiman mewakili Poktan Maju Bersama turut serta bersama dalam penanaman cabe tersebut, serta para petani lainnya dan Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Pelawan.

Kadis TPHP Sarolangun Dedi Hendri mengatakan bahwa gerakan tanam cabe ini berada di atas lahan seluas 1 hektar yang merupakan swadaya petani dari Poktan Maju bersama. Selain cabe, petani juga melakukan penanaman pepaya serta sejumlah tanaman pangan lainnya.

" Disini, kita tentu membina petani melalui tenaga penyuluh kita dan juga kita membantu sarana air dari embung," katanya.

Pada tahun 2023 ini, Dedi Hendri juga menambahkan bahwa pihaknya ada pengembangan tanaman pangan cabe diatas lahan 3 hektar dan mendapatkan bantuan bibit cabe untuk 10 hektar dan 10 hektar pengembangan bawang merah.

" Kedepan akan ada tiga lokasi lagi yang akan kita lakukan penanaman cabe merah yang kita harapkan pada bulan puasa mendatang akan bisa panen," katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal kegiatan gerak tanam cepat panen ini juga dalam rangka menindaklanjuti arahan Mendagri dan Presiden RI dalam rangka pengendalian inflasi, bahwa salah satu pemicunya ini adalah cabe merah dan komunitas pangan.

Menurutnya, bahwa untuk budidaya tanaman cabe ini tentunya sangat disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun. Maka dari itu, pihaknya tentu akan siap memberikan bantuan atas kendala yang dihadapi oleh para petani, khususnya bantuan bibit dan sarana prasana yang dibutuhkan.

" Harapan kita tidak lain, dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitar sini dan menangani dampak inflasi serta untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada bulan puasa dan hari raya idul Fitri," katanya.

" Terhadap lahan yang digunakan untuk penanaman cabe merah, kates, dalam hal ini kami Pemerintah Daerah tentu akan siap membantu petani bila mana ada hal-hal yang bisa dibantu. Seperti bantuan bibit, khususnya alat pengolah lahan, namun tentu agar petani ajukan Profosal ke kita melalui kelompok tani," kata dia menambahkan.

Dalam kegiatan tersebut diakhiri dengan pertemuan antara penjabat Bupati Sarolangun Henrizal beserta jajaran forkompinda Sarolangun dan kelompok tani maju bersama. (IKP-DOSKOMINFO)

  • Rabu, 25 Januari 2023 - 21:55:48 WIB
  • WHD

Berita Terkait Lainnya