Via Zoom Meeting, Penjabat Bupati Sarolangun Ikuti Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia Tahun 2023

  • Rabu, 25 Januari 2023
  • WHD
Via Zoom Meeting, Penjabat Bupati Sarolangun Ikuti Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia Tahun 2023

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM mengikuti rapat koordinasi Inspektur Daerah seluruh Indonesia tahun 2023 melalui zoom meeting bersama Mentri Dalam Negeri (Mendagri), Rabu (24/01/2023) di hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut dalam rangka penandatanganan kerja sama antara Kementrian Dalam Negeri, Kejaksaan Republik Indonesia dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia tentang koordinasi aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan aparat Penegak Hukum (APH) terkait penanganan laporan atau pengaduan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah di hotel Borobudur.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, SIk, Kajari Sarolangun Bobby Ruswin, SH, MH, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Kasat Intelkam AKP Sukman, SH., Asisten II Setda Sarolangun Deshendri, SH, Staf Ahli Bupati H Adnan, M.Kes, Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad, S.Ag, Kepala Dinas PMD Sarolangun Muliyadi, S.Sos, Kepala DPPKB Sarolangun Linda Novita serta jajaran Para kepala opd di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Dalam kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Mendagri M Tito Karnavian, M. A.P.Sc yang dihadiri juga Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo diwakili Kabareskrim Polri Komjend Pol Agus Andriyanto, Kajagung RI Burhanuddin, Jajaran Mendagri, Para Inspektur Kementrian/Lembaga dan Para Kepala Daerah se-Indonesia.

Usai penandatanganan kerja sama antara Kementrian Dalam Negeri, Kejaksaan Republik Indonesia dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia tentang koordinasi aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan aparat Penegak Hukum (APH), Kementrian Dalam Negeri juga resmi melakukan launching aplikasi "APIP" Lapor untuk memudahkan akses pelaporan ke Kemendagri terkait laporan pengaduan penyelenggaraan pemerintah.

" Mari Kita laksanakan perjanjian kerja sama ini dengan baik, bila ada Kajari yang melakukan pelanggaran silahkan laporkan, karena saya yakin di setiap daerah," kata Kajagung RI Burhanuddin.

Sementara itu, Kabareskrim Polri Komjend Agus Andriyanto mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti arahan bapak presiden RI dalam meningkatkan pengawalan terhadap penyelenggaraan pemerintah dan mempercepat proses pembangunan nasional dan pembangunan daerah.

" Kebijakan polri dalam rangka mencegah tindak pidana korupsi, sering kami ingatkan kepada seluruh penyidik untuk melakukan langkah-langkah proaktif bersama APIP untuk melakukan pengawasan internal pemerintah, melakukan pendampingan dengan instansi yang berkompeten, dan menyediakan ruang konsultasi dan koordinasi," katanya.

Selain itu, Mendagri Tito Karnavian mengatakan kegiatan ini memang menindaklanjuti arahan bapak presiden yang disampaikan dalam pertemuan rapat forkompinda se-Indonesia di sentul beberapa waktu yang lalu.

Salah satu hal yang harus jadi perhatian, terkait Pertumbuhan ekonomi. Tito Karnavian mengatakan bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia harus tetap dijaga, dimana saat ini pertumbuhan ekonomi masih bagus yakni 5,72 persen ditengah, inflasi juga masih terjaga dengan angka 5,51 persen.

" APBN kita, diproyeksikan sebesar Rp 3.016 Triliun, dan jumlah itu lebih kurang sebesar Rp 814 Triliun ditransfer ke daerah, dan pad yang ada di daerah di proyeksikan Rp 400 triliun jadi totalnya sebesar Rp 1.200 Triliun. Belanja pemerintah merupakan termasuk salah satu faktor pertumbuhan ekonomi," katanya.

Menurut Tito Karnavian, bahwa APIP harus terlibat dari awal dalam perencanaan pembangunan yang diselenggarkan oleh pemerintah daerah dengan tujuan untuk tepat sasaran efektif dan efisien dalam melaksanakan pengawalan penyelenggaraan pemerintah.

" APBD ini sangat penting, belanja pemerintah karena agar terjadi peredaran uang di tengah masyarakat, dan diatur ritmenya setiap tiga bulan. Daerah yang maju, daerah yang swastanya kuat.Terima kasih kepada bapak kajagung, Kapolri atas kerja sama ini dalam rangka peningkatkan peran APIP sebagai aparat pengawasan internal pemerintah," katanya.

" Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrohim kegiatan rapat koordinasi inspektur daerah seluruh Indonesia tahun 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka," kata dia menambahkan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal usai mengikuti kegiatan tersebut menyambut baik atas kegiatan penandatanganan kerja sama antara Kementrian Dalam Negeri, Kejaksaan Republik Indonesia dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia tentang koordinasi aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan aparat Penegak Hukum (APH) terkait penanganan laporan atau pengaduan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah.

" Hari ini kita mengikuti rapat koordinasi inspektorat daerah bersama Mendagri sekaligus dalam rangka penandatanganan kerja sama antara Mendagri, Kejagung dan Kapolri untuk peningkatkan peran APIP dan APH dalam penanganan laporan terhadap penyelenggaraan pemerintah," katanya. (IKP-DISKOMINFO)

  • Rabu, 25 Januari 2023 - 14:53:24 WIB
  • WHD

Berita Terkait Lainnya