Sambut Kunker Ketua PKK Provinsi, Sarolangun Canangkan Program Keluarga Pelopor Perubahan

  • Kamis, 07 Oktober 2021 - 08:49:49 WIB
  • BOB
Sambut Kunker Ketua PKK Provinsi, Sarolangun Canangkan Program Keluarga Pelopor Perubahan

SAROLANGUN - Tim Penggerak PKK Kabupaten Sarolangun melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IX tahun 2021, Rabu (06/09/2021), yang berjalan dengan lancar, di ruang pola Kantor Bupati Sarolangun

Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra yang ditandai dengan pemukulan gong didampingi Ketua TP PKK Provinsi Jambi Ny Hj Hesti Haris, SE, Ketua TP PKK Sarolangun Ny Hj Rosita Endra dan Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri beserta Wakil Ketua I PKK Sarolangun Ny Hj Lili Suriani Hillalatil Badri.

Turut hadir dalam kegiatan itu Sekretaris Daerah Setda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Para Asisten, para staf ahli Bupati, Para Kepala OPD, Para Camat dan para pengurus tim penggerakan PKK Kabupaten Sarolangun dan pengurus PKK tingkat Kecamatan.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi. Hj. Hesti Haris, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sarolangun beserta jajarannya yang terus mendukung program PKK di wilayah Kabupaten Sarolangun, sebagai bentuk kerja sama dalam mewujudkan pembangunan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Apalagi saat ini tim penggerakan PKK mulai mencanangkan program keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju, sebagai salah satu amanat dari hasil pelaksanaan Rakernas tahun 2021.

“PKK sebagai mitra pemerintah, sebagai relawan membantu pemerintah. Dan hari ini kami Mencanangkan keluarga pelopor perubahan yang harus di sosialisasikan sampai kan program yang berkembang ke masyarakat,” katanya.

Kata Ny Hesti Haris juga bahwa pada tahun 2021 ini, pihaknya telah membangun sebuah sistem aplikasi dasar Dasa Wisma berbasis teknologi informasi yang diharapkan dapat mempermudah kelompok dasawisma dalam melaksanakan buku kas Penjaringan data keluarga data Kegiatan warga dan data Penjaringan data keluarga data Kegiatan warga dan data regenerasi keluarga.

“TP PKK pusat pun telah mendorong agar gerakan PKK harus akrab dengan teknologi, kami juga mengagendakan dalam rangkaian kegiatan ini kegiatan Bimtek operator Dasawisma yang akan difasilitasi oleh Tim Pengembangan Aplikasi Dasawisma ini,” katanya.

“Program keluarga pelopor perubahan itu tentunya kami akan melatih nanti kader untuk mengisi data secara online sehingga bisa nanti digunakan pemerintah untuk menentukan kebijakan berdasarkan data yang terjadi di masyarakat,” kata dia menambahkan.

Ia berharap agar data yang diisi oleh operator dasawisma merupakan data yang akurat dan sesuai dengan ketentuan, karena datanya akan tersimpan sehingga tidak akan hilang karena pendataan sebelumnya yang dilakukan secara manual lebih rentan kehilangan data.

Iapun meminta seluruh jajaran pengurus TP PKK Kabupaten/kota untuk terus mensosialisasikan progran keluarga pelopor perubahan ini sampai ke kelompok dasawisma yang merupakan ujung tombak dari gerakan PKK di tengah masyarakat dalam mewujudkan 10 program pokok PKK.

“Banyak perubahan diantaranya di pokja I itu ada paredi atau dulu pembinaan anak remaja menjadi pembinaan anak remaja di era digital. Kemudian ada Program hatinya pkk yang sekarang ditambah aku hatinya pkk, artinya ayo pemanfaatan pekarangan rumah yang dimulai dari kita dulu baru kita galakkan ke masyarakat, aku cukupkan halaman teratur indah dan nyaman. Kemudian di pokja II ada program up2k, hanya pengganti istilah saja peningkatan ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sarolangun Ny Hj Rosita Endra mengucapkan terima kasih atas kedatangan ketua TP PKK Provinsi Jambi yang melakukan dukungan dan motivasi kepada jajaran PKK Sarolangun, untuk terus melaksanakan program PKK dengan maksimal dalam mewujudkan pembangunan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Iapun mengaku akan berupaya maksimal untuk melaksanakan program pencanangan keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju di Wilayah Kabupaten Sarolangun.

“Alhamdulillah dengan kedatangan ibu ketua pkk provinsi menambah motivasi bagi kami. Dan memang beliau sudah lama sekali mengenal pkk bagaimana suka dukanya dan kesulitannya dalam melaksanakan program pkk ini itu tidak mudah tapi yang pasti kita harus laksanakan apapun acuan dari pusat dan kita akan motivasi lagi seluruh kader pkk sarolangun untuk terus menggalakkan program pkk,” katanya.

Salah satunya, di era digital saat sekarang ini, TP PKK Sarolangun akan menggalakan program PAREDI atau pembinaan anak remaja di era digital. Karena saat ini khususnya di masa pandemi covid-19, aktivitas anak-anak banyak menggunakan smart phone.

Maka tentu hal itu harus jadi perhatian bersama, agar anak-anak tidak terjerumus dengan hal-hal yang malah merusak masa depan anak.

“Pola asuh anak remaja dengan program paredi, dan memang di era digital ini ada plus minusnya. Kita harus mengerti dengan era digital ini untuk mendidik anak-anak kita dalam menggunakan handphone,” katanya.

“Maka agar lebih hati hati lagi terhadap anak karena penggunaan hp ini tidak hanya dampak positif saja ada juga negatifnya, sekarang ini anak-anak bisa dikatakan lebih dari 12 jam digunakan karena anak-anak juga belajar dari hp kalu dulu anak anak kita belajar dari guru atau kita selaku orang tua,”kata dia menambahkan.

Dalam kegiatan rakerda itu, Ketua TP PKK Provinsi Jambi Ny Hj Hesti Haris bersama Ketua TP PKK Sarolangun Ny Hj Rosita Endra beserta rombonga juga melakukan penanaman pohon di kawasan mesjid As-Sulton, meninjau posyandu dan taman baca masyarakat di desa Bernai Dalam serta menyambangi kelompok dasa wisma di Desa Ladang Panjang, Kecamatan Sarolangun.

  • Kamis, 07 Oktober 2021 - 08:49:49 WIB
  • BOB

Berita Terkait Lainnya