RS-FlashMatic

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

Powered by RS Web Solutions

Guru PAUD Didominasi TKS

 



Insentif Hanya Seratus Ribu Perbulan
SAROLANGUN-Di Kabupaten Sarolangun saat ini terdapat kurang lebih 248 PAUD dan jumlah gurunya sebanyak 658 orang.

Mayoritas guru yang mengajar berasal dari Tenaga Kerja Sukarela (TKS) yang hanya menerima insentif Rp 100 ribu perbulan.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mukhtar kepada sejumlah awak media menuturkan, memang saat ini di Sarolangun guru yang mengajar di PAUD mayoritas TKS yang berasal dari desa setempat.

“Harus kita akui bahwa saat ini guru yang mengajar di sekolah PAUD di Sarolangun ini mayoritas TKS yang tamatan SMA dan itu kebanyakan  berasal dari penduduk setempat yang ikhlas untuk mengajar,” ungkapnya.

Lebih jauh Mukhtar menjelaskan, dari data yang ada saat ini, untuk guru PAUD berjumlah 658 orang dan itu dari 248 sekolah yang ada di Sarolangun.

“Secara keseluruhan guru PAUD yang terdaftar di sini berjumlah 658 orang dan semuanya itu mendapatkan tunjangan insentif sebesar Rp 100 ribu perbulan, dan ini saya pikir memang minim, namun ya, itulah adanya,“ jelasnya kembali.

Ditegaskan Mukhtar, terkait persoalan itu, dirinya mengakui bahwa untuk tugas seorang guru tentunya tidak cukup dengan hanya mengandalkan insentif saja, namun dirinya berharap kepada seluruh guru PAUD yang ada di daerah ini agar menjalankan tugas tidak berfikir mengharapkan gaji. Sebab baginya tugas guru adalah tugas yang mulia.

”Kita mengerti tidak gampang jadi guru, tentu gaji tidak harus jadi patokan utama tapi sikap sabar dan ikhlas itulah yang diharapkan, sebab namanya juga sukarela,” tegasnya.(se10)
Sumber : Sarolangun Ekspres

Video Files