RS-FlashMatic

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

Powered by RS Web Solutions

Artikel

Jadi BLUD, RSUD Optimis Lebih Maju

 

SAROLANGUN-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof DR HM Chatib Quazwain Sarolangun dalam waktu dekat akan menjadi Rumah Sakit Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Ini disampaikan Direktur Utama RSUD Chatib Quzwain dr Irwan Mizwar pada harian ini kemarin (20/8).

Dikatakan Irwan, dengan menjadinya rumah sakit yang merupakan badan layanan umum daerah, banyak hal positif yang akan diperoleh, diantaranya bisa secara cepat mengatasi kekurangan dokter atau pegawai, mempercepat pengadaan alat medis, mengatasi kekurangan obat akan lebih cepat dan banyak hal lainnya.

Dengan BLUD ini kita bisa lebih cepat mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada, dan tidak perlu tender lagi,”katanya.

Lebih rinci Irwan menjelaskan, dengan BLUD ini berarti rumah sakit sudah bisa mengelola keuangan sendiri dan tanpa menyetor lansung ke kas daerah, begitu juga dengan pemanfaatannya akan lebih cepat dan tidak perlu lagi mengadakan pengusulan.

Selama ini kalau kita mau membeli sebuah alat medis biasanya harus diusulkan, dan itu harus menunggu dengan waktu yang cukup lama, tapi sekarang jika keuangan kita sudah memadai dan alat itu sangat diperlukan dalam waktu dekat yang sangat singkat sudah teratasi,”tamabah Irwan.

Irwan menjelaskan, di Provinsi Jambi RSUD CQ merupakan rumah sakit ke empat yang menjadi BLUD setelah RSUD Raden Mattaher, RSUD Muaro Bungo dan RSUD Kerinci, yang kesemuanya merupakan rumah sakit yang jauh lebih tua dibandingkan RSUD CQ Sarolangun, sedangkan untuk rumah sakit yang masih muda dan menyandang BLUD satu-satunya adalah RSUD CQ Sarolangun.

Kita optimis bisa menerapkan BLUD ini, dan dengan anggaran sekarang kita rasa sudah cukup untuk memajukan rumah sakit, disamping dana dari Pemda,”tegas Irwan.

Sedangkan untuk pengawasaanya, akan diawasi oleh pengawasan silang baik internal maupun eksternal Pemkab. ”Selain dari auditor, kita akan diawasi oleh Sekda, Ispektorat Bappeda, Dispenda, BKD termasuk, bagian hukum dan istansi terkait lainnya, termasuk dari eksternal konsultan,”tandasnya.(se10)

Sumber : Sarolangun Ekspres



Video Files

Indeks Berita

October 2014
Mo Tu We Th Fr Sa Su
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2