RS-FlashMatic

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

Powered by RS Web Solutions

500 lebih warga SAD sudah rekam E-KTP

Dukcapil siapkan mobil perekaman

Sedikitnya 500 warga suku anak dalam (SAD) di kecamatan air hitam, saat ini sudah melakukan perekaman E-KTP. Dimana jumlah warga SAD di kecamatan air hitam diperkirakan ada sekitar 1200 orang, yang tersebar dibeberapa desa dalam kecamatan air hitam.

Kadis dukcapil sarolangun, Helmi SH, senin (30/04) mengatakan, memang pihaknya melakukan perekaman E-KTP bagi warga SAD di kabupaten sarolangun, yang menurut data dinas sosial ada sekitar 2 ribuan lebih. Secara khusus di kecamatan air hitam. Pihaknya melakukan perekaman E-KTP itu disana sudah mencapai 500 lebih, bahkan saat ini hanya tinggal mencetak KTP nya saja.

 

“data validnya di dinas sosial ada sekitar 2 ribuan lebih warga SAD di kabupaten sarolangun, dan kalau dikecamatan air hitam ada 1200 jiwa, dan yang sudah merekam itu 500 sekian orang di air hitam dari yang sudah wajib merekam, “ katanya.

Bahkan kawasan kampung madani, yang memang khusus warga SAD di kecamatan air hitam itu, menurutnya perekaman E-KTP sudah mencapai 50-60 persen. Bahkan pihak dukcapil pernah melakukan perekaman bersama dua orang dari tidjen Dukcapil, Kemendagri. Karena pusat akan berencana membuat regulasi kependudukan secara khusus karena warga SAD ini kerap berpindah-pindah.

“dirjen akan menyiapkan regulasi, melakukan perekaman di air hitam, dan memang benar banyak. Kalau mau merekam harus didampingi jenag atau tumenggungnya. Karena ditanya mereka tak tahu tanggal lahir apalagi ditanya orang tua mereka tidak tahu, apalagi yang sudah meninggal mereka tidak mau nyebut, merekam buat E-KTP sudah untung mereka mau, makanya akan dibuat regulasi khusus untuk SAD, mungkin dalam waktu dekat ini akan ada permendagri soal itu, “ jelasnya.

“cuman kita minta KTP dan KK nya disimpan dengan jenang, warga SAD hanya dikasih fotocopy, karena rawan hilang atau rusak jika dibawa oleh warga SAD itu sendiri, kita melakukan evaluasi yang belum merekam saja. Karena mereka tidak bisa dipaksa, harus didekati secara halus. Dan perekaman ini kita kejar, “kata Helmi.

Selain itu, untuk mempercepat E-KTP ini, Dukcapil menyiapkan satu unit mobil dengan dua alat perekaman bagi warga sarolangun, termasuk warga SAD.

“kita buka pelayanan umum, kalau warga SAD mau merekam agak sedikit massal, biasanya pendamping H-1 atau H-2 kasih tahu kekita. Karena mereka butuh BPJS, ke Rumah Sakit, ke Puskesmas. Mereka butuh hal-hal lain juga. Kalau mau merekam kita punya dua alat, didalam mobil itu stanbay, mobil itu tidak boleh dipakai, ketika ada surat atau telpon minimal, kita siap berangkat, “jelasnya.

Sementara itu Bupati Sarolangun Cek Endra saat mengunjungi kawasan kampung Madani SAD, pekan lalu, mengajak warga SAD untuk mendukung perekaman E-KTP ini, khususnya pada saat petugas Dukcapil turun ke lokasi.

“500 orang sudah direkam E-ktp nya, kami berharap para sanak semuanya mendukung perekaman E-KTPnya, bagi yang belum merekam, karena ini banyak perlunya. Kalau petugas dukcapil turun nantinya silahkan datang, dipoto, urus KTPnya, ini gratis. Nanti akan diserahkan melalui kades terdekat, tahun ini kami harap sudah punya E-KTP semuanya, “tukas Bupati.

Video Files

Indeks Berita

December 2018
Mo Tu We Th Fr Sa Su
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6